TAF Consulting

taf-institute
Pengawasan Konsultan Pajak Akan Diperketat PDF Cetak E-mail
Selasa, 08 Januari 2013 13:00
JAKARTA. Kantor pajak akan mengetatkan pengawasan terhadap kegiatan para konsultan pajak. Pajak mensinyalir banyak konsultan pajak yang justru memberikan saran kepada klien untuk mempersulit pembay... aran pajak dan mengurangi kepatuhan para wajib pajak.Bahkan,
beberapa konsultan pajak ditengarai membantu wajib pajak untuk berperilaku nakal dengan menawarkan berbagai cara untuk mengemplang pajak. "Bagian Ditjen Pajak yang mengawasi konsultan kami rasa kurang aktif. Kita akan aktifkan kembali,"kata Fuad Rachmany, Dirjen Pajak, Senin (7/1).

Untuk mempermudah pengawasan itu, kantor pajak akan memulai penyisiran dari perusahaan-perusahaan yang selama ini suka ngemplang pajak. Dari perusahaan itu, akan ketahuan siapa yang menjadi konsultan pajaknya.

Dalam catatan Ditjen Pajak, saat ini setidaknya ada sekitar 1.900-an kantor konsultan pajak yang mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Pajak. Sebelumnya, Fuad menduga banyak dari konsultan ini yang nakal. Modusnya, mereka menyarankan wajib pajak untuk mengemplang pajak. "Memang tidak selalu konsultan pajak yang mengajari ngemplang. Tapi, di banyak kasus memang fakta itu biasa terjadi," tegasnya.
 
Namun sayangnya, Fuad tidak mau menjelaskan secara lebih rinci mengenai kasus yang dia maksud dan potensi kerugian negara yang diakibatkan oleh pengemplangan tersebut.
 
Fuad hanya mengatakan, jika dari hasil pengawasan yang dilakukan oleh direktoratnya tersebut bakal ditemukan bukti, konsultan pajak tersebut akan dikenai sanksi. Salah satunya adalah pencabutan izin operasi.
 
Darussalam, Pengamat Perpajakan dari Danny Darussalam Tax Center mengatakan bahwa penerbitan kantor konsultan pajak nakal memang harus segera dilakukan. Dia menduga bahwa selama ini memang ada beberapa kantor konsultan pajak nakal yang menawarkan jasa kepada wajib pajak cara untuk mengemplang pajak.
 
Sekedar mengingatkan, wacana penerbitan kantor konsultan pajak nakal diungkap oleh Fuad setelah keluar putusan denda sebesar Rp 2,5 triliun kepada Asian Agri Group oleh Mahkamah Agung atas tindak pidana penggelapan pajak senilai Rp 1,259 triliun.
 
Fuad berharap, dengan penerbitan kantor konsultan pajak tersebut, selanjutnya peluang pengemplangan pajak bisa semakin kecil. Ia juga berharap konsultan memberikan saran kepada Wajib Pajak untuk mengisi laporan dengan jujur.

 

Login Form

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini156
mod_vvisit_counterBulan ini8094
mod_vvisit_counterTotal346886
Anda berada di  : Home Berita Pajak Pengawasan Konsultan Pajak Akan Diperketat

Mitra Stategis

Design templateKami bekerja sama dengan Yayasan Widya Dharma Artha, Lembaga Manajemen FEUI (ULS-FEUI), President University dan Universitas Bina Nusantara..

Modul dan Materi

Setiap program kami menyertakan modul dan materi yang berbobot dan membantu peserta mencapai tujuan pendidikan.

Alumni

 Joomlart ForumAlumni sampai dengan saat ini mencapai 45 angkatan khusus untuk Brevet.